Rabu, 16 Desember 2015

Strategi Pemasaran PT. Kino Indonesia Tbk.




Pengantar Bisnis ( SoftSkill )

Strategi Pemasaran PT. Kino Indonesia Tbk.



SEJARAH  KINO INDONESIA

Selama lebih dari 2 dekade, saat ini Kino Indonesia merupakan salah satu perusahaan consumer goods yang telah diakui di Indonesia dan juga manca negara dengan lingkup bisnis yang meliputi produk-produk perawatan tubuh, makanan, minuman serta farmasi.
Saat ini Kino Indonesia memiliki 19 merek dengan 16 kategori produk dimana beberapa diantaranya berhasil mendapatkan pengakuan sebagai merek yang menjadi pilihan utama para konsumen.
Visi dari Kino adalah menjadi perusahaan Indonesia yang ternama & terdepan yang berlandaskan ide & inovasi Kino Indonesia akan terus bergerak untuk menjadi perusahaan yang mendunia tanpa meninggalkan nilai-nilai local dengan misi untuk memperluas pasar melalui pengembangan produk yang didorong oleh semangat untuk berinovasi
Dengan semangat inovasi yang menjadi nilai utama dari perusahaan, Kino Indonesia berkomitmen memberikan produk-produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen Indonesia.
Kino Indonesia berawal dari sebuah perusahaan distribusi bernama PT. Duta Lestari Sentratama di tahun 1991. Saat ini, PT. Duta Lestari Sentratama telah berkembang secara signifikan dengan 240 titik distribusi yang menangani distribusi di seluruh Indonesia.
Mengembangkan diri ke dalam industri manufaktur, PT. Kino Indonesia Tbk. yang berawal dengan nama PT. Kino Sentra Industrindo didirikan sebagai sebuah perusahaan produksi makanan ringan pada tahun 1997 dengan pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. PT. Kino Sentra Industrindo terus aktif menciptakan berbagai macam produk makanan ringan seperti permen, snack, dan cokelat.
Langkah besar lainnya dilakukan pada tahun 1999, yaitu dengan perubahan nama menjadi PT. Kinocare Era Kosmetindo, produsen dengan aneka produk perawatan tubuh untuk semua gender dan usia, mulai didirikan. Tahun 2003 PT. Kinocare Era Kosmetindo melebarkan bisnisnya ke produk perawatan rumah di bawah naungan merek Sleek. Kemudian Kino juga melangkah lebih lanjut ke dalam industri minuman dengan memproduksi minuman berenergi Panther.
Mengembangkan bisnis hingga merambah kawasan Asia, di tahun 2004 Kino Indonesia membuka kantor cabang pertamanya di Malaysia dengan Kinocare (M) Sdn. Bhd dan Filipina dengan Kino Consumer Philippines. Kino juga menjalin kerjasama distribusi dengan beberapa jaringan distributor besar di Singapura, Brunei, Vietnam, Myanmar, Jepang, Australia, Timur Tengah, dan Afrika. Di tahun 2012, Kino Consumer Vietnam berdiri yang menambah jaringan distribusi di Asia Tenggara. Kemudian di tahun 2014, Kino membuka kantor cabang berikutnya di Singapura dengan Kino International Pte. Ltd.
Seiring dengan berjalannya waktu, Kino Indonesia memiliki lisensi dari WenKen Group Singapura untuk memproduksi, mendistribusikan, dan memasarkan secara resmi merek Cap Kaki Tiga di Indonesia sejak tahun 2011.
Kino Indonesia juga telah memiliki hubungan kerjasama dengan Morinaga & Company Limited dari Jepang untuk memperluas bisnis di Indonesia. PT. Morinaga Kino Indonesia, yang secara resmi dibentuk di tahun 2013.
Setelah lebih dari dua dekade, produk-produk Kino Indonesia kini tersedia di distributor besar, hypermarket, supermarket, minimarket, ribuan toko kosmetik, serta jutaan pasar tradisional yang ada di seluruh kepulauan Indonesia. Kualitas produk Kino telah memenuhi standar kualifikasi internasional, terbukti dengan meningkatnya permintaan pasar dari seluruh dunia. Namun Kino Indonesia menyadari bahwa kepuasan tidak hanya sampai disitu, kesuksesan hari ini harus menjadi motivasi untuk semakin berprestasi di masa depan. “Innovate Today” berarti harus terus kreatif dan inovatif untuk menjadi pemimpin dalam industri kebutuhan konsumen.


Sistem Pemasarannya dengan mengadakan banyak event-event seperti contoh dibawah ini.

MOTHER & BABY FAIR 2015 BERSAMA SLEEK BABY
Sleek Baby dengan Mother & Baby telah menjalin kerjasama selama 6 tahun. Di tahun 2015 ini, kembali mengadakan roadshow yang bertajuk Mother & Baby Fair (M&B Fair) diawali di bandung
Kerjasama Sleek Baby dengan Mother & Baby sudah terjalin berkesinambungan selama 6 tahun. Di tahun 2015 ini, roadshow yang bertajuk Mother & Baby Fair ( M&B Fair) ini dibuka pertama kali di Bandung pada tanggal 14 Agustus 2015, lalu 14 September 2015 di Surabaya dan terakhir 15 Oktober 2015 di Jakarta.
Sleek Baby sebagai produk unggulan cairan pembersih botol bayi turut mendukung M&B Fair sebagai sponsor utama. Dengan mengambil tema M&B Fair, healthylicious, dirasakan sangat selaras dengan tema besar Sleek Baby yaitu Gerakan Sayang Anak. Sleek Baby juga sangat memotivasi para Moms & Dads untuk terus mengajak si kecil untuk hidup lebih sehat mulai dari pilihan makanan sampai dengan kebiasaan menjaga kebersihan.

Sleek Baby sendiri merupakan Brand yang sudah dikenal dengan produk-produknya yang higienis dan aman untuk si kecil, mulai dari pembersih botol dan perlengkapan makan si kecil yang FOOD GRADE sehingga aman; dan juga ada deterjen cair untuk pakaian dengan ekstrak buah kelapaalami untuk menjaga kebersihan dan kelembutan pakaiannya sehingga si kecil terbebas dari iritasi.
Pada rangkaian acara M&B Fair ini, Sleek Baby juga mengusung Road Show Sleek Bintang Kalendar 2016; di mana setiap tahun Sleek Baby selalu mencari 12 Bintang Kalender yang akan dijadikan model di kalender tahunan Sleek Baby 2016. Nah, di tahun ini Sleek Baby mengangkat tema”Senyum Buah Hati untuk Indonesia” dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Sleek Baby juga menyediakan photo booth corner di M&B Fair, dimana si kecil dapat berfoto ala Sleek Bintang Kalendar dengan pernak pernik khas Indonesia.
http://www.kino.co.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar