Pengantar Bisnis (
SoftSkill )
Strategi Pemasaran PT.
Kino Indonesia Tbk.
SEJARAH KINO INDONESIA
Selama lebih dari 2 dekade, saat ini Kino Indonesia merupakan salah satu perusahaan consumer
goods yang telah diakui di Indonesia dan juga manca negara dengan lingkup
bisnis yang meliputi produk-produk perawatan tubuh, makanan, minuman serta
farmasi.
Saat ini Kino Indonesia memiliki 19 merek
dengan 16 kategori produk dimana beberapa diantaranya berhasil mendapatkan
pengakuan sebagai merek yang menjadi pilihan utama para konsumen.
Visi dari Kino
adalah menjadi perusahaan Indonesia yang ternama & terdepan yang
berlandaskan ide & inovasi Kino Indonesia akan terus bergerak untuk menjadi
perusahaan yang mendunia tanpa meninggalkan nilai-nilai local dengan misi untuk
memperluas pasar melalui pengembangan produk yang didorong oleh semangat untuk
berinovasi
Dengan semangat inovasi yang menjadi nilai
utama dari perusahaan, Kino Indonesia berkomitmen memberikan produk-produk
berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen Indonesia.
Kino Indonesia
berawal dari sebuah perusahaan distribusi bernama PT. Duta Lestari
Sentratama di tahun 1991. Saat ini, PT. Duta Lestari Sentratama telah
berkembang secara signifikan dengan 240 titik distribusi yang menangani
distribusi di seluruh Indonesia.
Mengembangkan diri ke dalam industri
manufaktur, PT. Kino Indonesia Tbk. yang berawal dengan nama PT. Kino
Sentra Industrindo didirikan sebagai sebuah perusahaan produksi makanan
ringan pada tahun 1997 dengan pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.
PT. Kino Sentra Industrindo terus aktif menciptakan berbagai macam produk
makanan ringan seperti permen, snack, dan cokelat.
Langkah besar lainnya dilakukan pada tahun
1999, yaitu dengan perubahan nama menjadi PT. Kinocare Era Kosmetindo,
produsen dengan aneka produk perawatan tubuh untuk semua gender dan usia, mulai
didirikan. Tahun 2003 PT. Kinocare Era Kosmetindo melebarkan bisnisnya ke
produk perawatan rumah di bawah naungan merek Sleek. Kemudian Kino juga
melangkah lebih lanjut ke dalam industri minuman dengan memproduksi minuman
berenergi Panther.
Mengembangkan bisnis hingga merambah kawasan
Asia, di tahun 2004 Kino Indonesia membuka kantor cabang pertamanya di Malaysia
dengan Kinocare (M) Sdn. Bhd dan Filipina dengan Kino Consumer
Philippines. Kino juga menjalin kerjasama distribusi dengan beberapa jaringan
distributor besar di Singapura, Brunei, Vietnam, Myanmar, Jepang, Australia,
Timur Tengah, dan Afrika. Di tahun 2012, Kino Consumer Vietnam berdiri yang
menambah jaringan distribusi di Asia Tenggara. Kemudian di tahun 2014, Kino
membuka kantor cabang berikutnya di Singapura dengan Kino International Pte.
Ltd.
Seiring dengan berjalannya waktu, Kino
Indonesia memiliki lisensi dari WenKen Group Singapura untuk memproduksi,
mendistribusikan, dan memasarkan secara resmi merek Cap Kaki Tiga di Indonesia
sejak tahun 2011.
Kino Indonesia juga telah memiliki hubungan
kerjasama dengan Morinaga & Company Limited dari Jepang untuk memperluas
bisnis di Indonesia. PT. Morinaga Kino Indonesia, yang secara resmi dibentuk di
tahun 2013.
Setelah lebih dari dua dekade, produk-produk
Kino Indonesia kini tersedia di distributor besar, hypermarket, supermarket,
minimarket, ribuan toko kosmetik, serta jutaan pasar tradisional yang ada di
seluruh kepulauan Indonesia. Kualitas produk Kino telah memenuhi standar
kualifikasi internasional, terbukti dengan meningkatnya permintaan pasar dari
seluruh dunia. Namun Kino Indonesia menyadari bahwa kepuasan tidak hanya sampai
disitu, kesuksesan hari ini harus menjadi motivasi untuk semakin berprestasi di
masa depan. “Innovate Today” berarti harus terus kreatif dan inovatif
untuk menjadi pemimpin dalam industri kebutuhan konsumen.
Sistem Pemasarannya
dengan mengadakan banyak event-event seperti contoh dibawah ini.
MOTHER & BABY FAIR 2015 BERSAMA SLEEK BABY
Sleek Baby dengan Mother &
Baby telah menjalin kerjasama selama 6 tahun. Di tahun 2015 ini, kembali
mengadakan roadshow yang bertajuk Mother & Baby Fair (M&B Fair) diawali
di bandung
Kerjasama Sleek Baby dengan Mother & Baby sudah terjalin
berkesinambungan selama 6 tahun. Di tahun 2015 ini, roadshow yang bertajuk
Mother & Baby Fair ( M&B Fair) ini dibuka pertama kali di Bandung pada
tanggal 14 Agustus 2015, lalu 14 September 2015 di Surabaya dan terakhir 15
Oktober 2015 di Jakarta.
Sleek Baby sebagai produk
unggulan cairan pembersih botol bayi turut mendukung M&B Fair sebagai
sponsor utama. Dengan mengambil tema M&B Fair, healthylicious,
dirasakan sangat selaras dengan tema besar Sleek Baby yaitu Gerakan
Sayang Anak. Sleek Baby juga sangat memotivasi para Moms & Dads untuk
terus mengajak si kecil untuk hidup lebih sehat mulai dari pilihan makanan
sampai dengan kebiasaan menjaga kebersihan.
Sleek Baby sendiri merupakan Brand yang sudah dikenal dengan produk-produknya yang higienis dan aman untuk si kecil, mulai dari pembersih botol dan perlengkapan makan si kecil yang FOOD GRADE sehingga aman; dan juga ada deterjen cair untuk pakaian dengan ekstrak buah kelapaalami untuk menjaga kebersihan dan kelembutan pakaiannya sehingga si kecil terbebas dari iritasi.
Sleek Baby sendiri merupakan Brand yang sudah dikenal dengan produk-produknya yang higienis dan aman untuk si kecil, mulai dari pembersih botol dan perlengkapan makan si kecil yang FOOD GRADE sehingga aman; dan juga ada deterjen cair untuk pakaian dengan ekstrak buah kelapaalami untuk menjaga kebersihan dan kelembutan pakaiannya sehingga si kecil terbebas dari iritasi.
Pada rangkaian acara M&B Fair
ini, Sleek Baby juga mengusung Road Show Sleek Bintang Kalendar 2016; di mana
setiap tahun Sleek Baby selalu mencari 12 Bintang Kalender yang akan dijadikan
model di kalender tahunan Sleek Baby 2016. Nah, di tahun ini Sleek Baby
mengangkat tema”Senyum Buah Hati untuk Indonesia” dengan total
hadiah ratusan juta rupiah. Sleek Baby juga menyediakan photo booth corner di
M&B Fair, dimana si kecil dapat berfoto ala Sleek Bintang Kalendar dengan
pernak pernik khas Indonesia.
http://www.kino.co.id/
http://www.kino.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar